Apakah anda sedang mencari Soal Latihan Tryout PPPK ? Link Tryout

Kisi jawaban Modul 3 Pedagogik PPG


Kisi jawaban Modul 3 Pedagogik PPG

MODUL 3: Teori Belajar dan Pembelajaran


Kisi-Kisi MODUL 3 Pedagogik ada di tabel ! 
Jawaban MODUL 3 Pedagogik ada di tabel !


baca juga :
Kisi jawaban Modul 4 Pedagogik PPG
Kisi jawaban Modul 5 Pedagogik PPG
Kisi jawaban Modul 6 Pedagogik PPG


PENDAHULUAN
Modul ini membahas tentang teori belajar dan pembelajaran serta bagaimana penerapan teori teori tersebut dalam pembelajaran. Untuk dapat memahami modul ini secara menyeluruh, bapak/ibu dapat mengikuti langkah-langkah pembelajaran berikut ini:
1.    Pahami setiap capaian pembelajaran yang diharapkan
2.    Bacalah uraian dengan teliti, bila perlu bapak dan ibu dapat membaca referensi lain yang mendukung
3.    Pahami Rangkuman yang diberikan
4.    Cobalah bapak/ibu kerjakan tugas yang diberikan dan diskusikan hasilnya dengan teman
5.    Kerjakan tes formatif yang diberikan.
Akhirnya, penulis mengucapkan selamat belajar dan semoga bapak/ibu dapat menjadi guru-guru professional yang mampu mengoptimalkan setiap kemampuan yang dimiliki oleh semua siswa.
-SELAMAT BELAJAR-
Setelah mempelajari modul ini bapak/ibu diharapkan memiliki pemahaman terhadap teori teori belajar dan pembelajaran serta mampu untuk mengaplikasikannya dalam praktik pembelajaran di kelas. 
Adapun Sub capaian kegiatan dalam pembelajaran ini:
a.    Memahami teori belajar behaviouristik dan penerapannya dalam pembelajaran
b.    Memahami teori belajar kognitif dan penerapannya dalam pembelajaran
c.    Memahami teori belajar konstruktivistik dan penerapannya dalam pembelajaran
d.    Memahami teori belajar humanistik dan penerapannya dalam pembelajaran
Berdasarkan apa yang telah diungkapkan di atas, modul ini membahas tentang teori teori belajar yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Teori-teori tersebut dijabarkan dalam empat kegiatan belajar, yaitu:

Kegiatan Belajar 1: Teori Belajar Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Kegiatan Belajar 2: Teori Belajar Kognitif dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Kegiatan Belajar 3: Teori Belajar Konstruktivistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Kegiatan Belajar 4: Teori Belajar humanistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Peta konsep Modul 3: Teori Belajar dan Pembelajaran dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Kegiatan pembelajaran Modul 3: Teori Belajar dan Pembelajaran ini dilakukan secara daring dengan konsep Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dosen dan peserta PPG tidak bertemu secara tatap muka langsung (face to face). 
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap Kegiatan Belajar ada di bagian MATERI, yang terdiri dari:
a.    modul digital
b.    video pembelajaran atau animasi
c.    media presentasi
d.    sumber bacaan lain
Pertama-tama, Bapak/ibu diharapkan mempelajari semua media pembelajaran secara mandiri. Apabila ada materi yang belum dipahami, silakan bertanya melalui FORUM.
Setiap Kegiatan Belajar diakhiri dengan evaluasi, yang terdiri dari TUGAS dan TES. Apabila nilai tes mencapai 7, Bapak/ibu dapat melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Jika nilai tes belum mencapai 7, silakan Bapak/ibu pelajari kembali MATERI Kegiatan Belajar tersebut dan kerjakan lagi TES tersebut, sampai nilai minimal tercapai.
FORUM disediakan di bagian terbawah dari setiap Kegiatan Belajar.  Ibu/Bapak dapat menggunakan forum untuk berdiskusi terkait dengan topik dari instruktur.  Instruktur juga ada mengajukan pertanyaan dalam forum. Silakan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dari instruktur. Keaktifan Ibu/Bapak dalam melakukan diskusi merupakan bagian dari penilaian.

Modules
KEGIATAN BELAJAR 1: Teori Belajar Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Tahukah Bapak/Ibu apa yang dimaksud dengan belajar? Istilah ini sering kita gunakan dalam aktivitas kita sehari-hari. Pada bagian ini, Bapak/Ibu akan mempelajari apa yang dimaksud dengan belajar dalam perspektif teori belajar dan pembelajaran
-SELAMAT BELAJAR-
Setelah mempelajari bagian ini diharapkan Bapak/Ibu memiliki kemampuan untuk mengkaji hakekat belajar menurut teori belajar behavioristik dan penerapan teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran.
SUBCAPAIAN KEGIATAN BELAJAR
a.    Memahami pengertian belajar menurut teori behavioristik
b.    Memahami teori behavioristik dan tokoh-tokoh teori behavioristik
c.    Mampu mengaplikasikan teori behavioristik dalam pembelajaran
POKOK MATERI
a.    Pengertian Belajar Menurut Pandangan Teori Behavioristik. 
b.    Teori Belajar Menurut Edward Lee Thorndike. 
c.    Teori Belajar Menurut John Broadus Watson.
d.    Teori Belajar Menurut Clark Leaonard Hull.
e.    Teori Belajar Menurut Edwin Ray Guthrie.
f.     Teori Belajar Menurut Burrhusm Frederic Skinner.   
g.    Aplikasi Teori Behavioristik dalam Kegiatan Pembelajaran 
Istilah ini bukanlah istilah baru, hampir setiap hari Bapak/Ibu menggunakan istilah belajar. Namun apa itu belajar?
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 1, silakan Bapak/Ibu pelajari beberapa materi berikut ini.

Silakan pelajari modul berikut ini Bapak/Ibu akan menemukan jawaban apa itu belajar menurut pendangan belajar teori behavioristik dan bagaimana menerapkan teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran


Cobalah Bapak/Ibu perhatikan video di bawah ini.
Video ini menjelaskan bagaimana teacher Toni sangat memperhatikan tentang manajemen kelas. Teacher Toni merasa ada masalah yang berkaitan dengan tingkah laku siswa, kemudian narator memberikan solusi dengan menerapkan teori behavioristik, yang berfokus pada adanya stumulus yang diberikan teacher Toni dan siswa akan menunjukkan respon atas stimulus tersebut.

Setelah Bapak/Ibu membaca uraian materi yang diberikan, silahkan untuk membuka dan membaca media presentasi di bawah ini untuk menambah pemahaman Bapak/Ibu terhadap materi yang telah disampaikan.

Teori behavioristik mengatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika ia telah mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Pandangan behavioristik mengakui pentingnya masukan atau input yang berupa stimulus dan keluaran atau output yang berupa respons. Sedangkan apa yang terjadi di antara stimulus dan respons dianggap tidak penting diperhatikan sebab tidak bisa diamati dan diukur. Yang bisa diamati dan diukur hanyalah stimulus dan respons. 

Silakan berdiskusi dalam forum ini terkait topik yang diberikan oleh instruktur. 

Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Modul 3 Kegiatan Belajar 1 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Modul 3 Kegiatan Belajar 1 ini, dan kerjakan lagi tes ini.

KEGIATAN BELAJAR 2: Teori Belajar Kognitif dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Setiap siswa memiliki tahapan perkembangan yang berbeda-beda, tahapan perkembangan ini mempengaruhi cara pandang dan cara belajar siswa. Pernahkah Bapak/Ibu memperhatikan tahapan perkembangan siswa di kelas yang Bapak/Ibu ampu? Materi pada bagian ini akan menuntun Bapak/Ibu untuk lebih memahami cara pandang siswa dalam perspektif teori kognitif.
- SELAMAT BELAJAR –

Setelah mempelajari bagian ini diharapkan Bapak/Ibu memiliki kemampuan untuk mengkaji hakekat belajar menurut teori kognitif dan penerapan teori kognitif dalam kegiatan pembelajaran

SUBCAPAIAN KEGIATAN BELAJAR
Adapun sub capaian kegiatan dalam pembelajaran ini:
a.    Memahami teori belajar kognitif dalam pembelajaran
b.    Memahami konsep belajar menurut tokoh-tokoh kognitif
c.    Data mengaplikasikan teori belajar kognitif dalam kegiatan pembelajaran
POKOK MATERI
a.    Pengertian Belajar Menurut Teori Kognitif. 
b.    Teori Perkembangan Jean Piaget 
c.    Teori Belajar Menurut Jerome Bruner
d.    Teori Belajar Bermakna David Ausubel 
e.    Aplikasi Teori Kognitif dalam Kegiatan Pembelajaran
Apa yang dimaksud dengan teori belajar kognitif? Pada kegiatan belajar ini, Bapak/Ibu akan menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Silakan Bapak/Ibu pelajari modul berikut ini. Setelah mempelajari modul ini, Bapak/Ibu akan memahami tentang teori belajar kognitif dan bagaimana mengaplikasikan teori kognitif dalam kegiatan pembelajaran


Dalam video kali ini, teacher Toni menyelesaikan masalah pembelajaran yang terjadi di kelas dengan menggunakan teori kognitif. Dimana fokus pada teori kognitif adalah penggunaan pikiran untuk bagaimana informasi diterima, diorganisasikan, disimpan dan digunakan kembali oleh pikiran. 'Mind' berfungsi seperti pengolah informasi seperti "Processor Komputer". 


Berikut merupakan media presentasi dari teori belajar kognitif. Materi dalam media presentasi ini akan membantu Bapak/Ibu untuk lebih memahami tentang teori belajar kognitif. 

Dalam aplikasi teori belajar kognitif, keterlibatan siswa secara aktif amat dipentingkan. Untuk menarik minat dan meningkatkan retensi belajar perlu mengkaitkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang telah dimiliki siswa. Materi pelajaran disusun dengan menggunakan pola atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks. Perbedaan individual pada diri siswa perlu diperhatikan, karena faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.


Silakan berdiskusi dalam forum ini terkait topik yang diberikan oleh instruktur. 


Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Modul 3 Kegiatan Belajar 2 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Modul 3 Kegiatan Belajar 2 ini, dan kerjakan lagi tes ini.

KEGIATAN BELAJAR 3: Teori Belajar Konstruktivistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Selamat siang Bapak/Ibu, setelah mempelajari teori behavioristik dan teori kognitif, pada bagian ini Bapak/Ibu akan mempelajari teori konstruktivistik, mulai dari pandangan belajar menurut behavioristik hingga bagaimana penerapannya dalam pembelajaran.
-SELAMAT BELAJAR-
Setelah mempelajari bagian ini diharapkan Bapak/Ibu memiliki kemampuan untuk mengkaji hakekat belajar menurut teori konstruktivistik dan menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran.
SUBCAPAIAN KEGIATAN BELAJAR
a.    Memahami teori belajar konstruktivistik
b.    Memahami konsep belajar Menurut tokoh-tokoh konstruktivistik
c.    Data mengaplikasikan teori belajar konstruktivistik dalam kegiatan pembelajaran
POKOK MATERI
a.    Karakteristik Manusia yang Diharapkan pada Abad 21.
b.    Proses Belajar Menurut Teori Konstruktivistik.
c.    Konstruksi Pengetahuan Menurut Lev Vigotsky
d.    Perbandingan Pembelajaran Tradisional dan Pembelajaran Konstruktivistik
Manusia manusia masa depan seperti apa yang ingin kita hasilkan dari proses pembelajaran yang terjadi saat ini? Pada kegiatan belajar ini, Bapak/Ibu akan menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Silakan Bapak/Ibu pelajari modul berikut ini. Setelah mempelajari modul ini, Bapak/Ibu akan memahami tentang teori belajar konstruktivistik dan bagaimana mengaplikasikan teori konstruktivistik dalam kegiatan pembelajaran.


Setelah mempelajari materi tentang Teori Belajar Konstruktivistik, cobalah Bapak/Ibu mengamati video berikut.
Dalam video kali ini, teacher Toni mencoba menyelesaikan masalah di kelas dengan menggunakan teori belajar Konstruktivistik, dimana dalam kelas banyak siswa yang kurang termotivasi dalam belajar. Belajar dalam konstruktivistik akan lebih bermakna bagi siswa bila siswa berinteraksi langsung denganpermasalahan atau konsep yang dipelajari/berinteraksi  langsung dengan kondisi dan situasi nyata.

Berikut merupakan media presentasi dari teori belajar konstruktivistik. Silahkan Bapak/Ibu pelajari untuk dapat lebih memahami materi teori belajar behavioristik dan penerapannya dalam pembelajaran.


Usaha mengembangkan manusia dan masyarakat yang memiliki kepekaan, mandiri, bertanggungjawab, dapat mendidik dirinya sendiri sepanjang hayat, serta mampu berkolaborasi dalam memecahkan masalah, diperlukan layanan pendidikan yang mampu melihat kaitan antara ciri-ciri manusia tersebut, dengan praktek-praktek pendidikan dan pembelajaran untuk mewujudkannya. Pandangan kognitif-konstruktivistik yang mengemukakan bahwa belajar merupakan usaha pemberian makna oleh siswa kepada pengalamannya melalui asimilasi dan akomodasi yang menuju pada pembentukan struktur kognitifnya, memungkinkan mengarah kepada tujuan tersebut. Oleh karena itu pembelajaran diusahakan agar dapat memberikan kondisi terjadinya proses pembentukan tersebut secara optimal pada diri siswa.


Silakan berdiskusi dalam forum ini terkait topik yang diberikan oleh instruktur. 


Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Modul 3 Kegiatan Belajar 3 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Modul 3 Kegiatan Belajar 3 ini, dan kerjakan lagi tes ini.

Modul 3


Posting Komentar