Apakah anda sedang mencari Soal Latihan Tryout PPPK ? Link Tryout

Kisi Jawaban Modul 1 Pedagogik PPG


MODUL 1: Pembelajaran Abad 21




baca juga :
Kisi jawaban Modul 4 Pedagogik PPG
Kisi jawaban Modul 5 Pedagogik PPG
Kisi jawaban Modul 6 Pedagogik PPG

MODUL 1: Pembelajaran Abad 21

Kisi-Kisi dan Jawaban MODUL 1 Pedagogik ada di tabel !

Selamat datang di Modul 1: Pembelajaran Abad 21.
Salam Pedagogia,
Ibu/bapak peserta PPG yang selalu semangat, selamat mengikuti kegiatan pembelajaran pada modul 1 ini. Semoga ilmu yang diperoleh dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya.
Setelah mempelajari modul ini, Ibu/Bapak diharapkan mampu menjelaskan karateristik guru dan siswa Abad 21, menjelaskan dan memanfaatkan teknologi dan media abad 21, menjelaskan pengertian dan menyususn rancangan pembelajaran abad 21.
1.    Menjelaskan karateristik guru abad 21
2.    Menjelaskan karateristik siswa abad 21
3.    Menjelaskan  peran teknologi dan media dalam belajar abad 21
4.    Memanfaatkan teknologi dan media dalam pembelajaran abad 21
5.    Menjelaskan rancangan pembelajaran abad 21
6.    Mendesain pembelajaran abad 21

Kegiatan Belajar 1: Karateristik guru dan siswa abad 21
Kegiatan Belajar 2: Peran teknologi dan media dalam belajar abad 21
Kegiatan Belajar 3: Desain Pembelajaran Abad 21

Peta konsep Modul 1: Pembelajaran Abad 21 dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Kegiatan pembelajaran Modul 1: Pembelajaran Abad 21 ini dilakukan secara daring dengan konsep Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dosen dan peserta PPG tidak bertemu secara tatap muka langsung (face to face). 
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap Kegiatan Belajar ada di bagian MATERI, yang terdiri dari:
a.    modul digital
  1. video pembelajaran atau animasi
  2. media presentasi
  3. sumber bacaan lain

Pertama-tama, Ibu/Bapak harus mempelajari semua media pembelajaran secara mandiri. Apabila ada materi yang belum dipahami, silakan bertanya melalui FORUM
Setiap Kegiatan Belajar diakhiri dengan evaluasi yang berupa TES FORMATIF. Apabila nilai tes mencapai 7, Ibu/Bapak bisa melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Jika nilai tes belum mencapai 7, silakan Ibu/Bapak pelajari lagi MATERI Kegiatan Belajar tersebut dan kerjakan lagi TES FORMATIF tersebut, sampai nilai minimal tercapai.

Setiap Modul diakhiri dengan evaluasi yang berupa TUGAS dan TES SUMATIF.   TES SUMATIF hanya bisa dikerjakan 1 kali saja. Persiapkan diri dengan baik sebelum Ibu/Bapak mengerjakan TES SUMATIF.
FORUM disediakan di bagian terbawah dari setiap Kegiatan Belajar.  Ibu/Bapak dapat menggunakan forum untuk berdiskusi terkait dengan topik dari instruktur.  Instruktur juga ada mengajukan pertanyaan dalam forum. Silakan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dari instruktur. Keaktifan Ibu/Bapak dalam melakukan diskusi merupakan bagian dari penilaian.


KEGIATAN BELAJAR 1: Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak peserta PPG, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak pada pembelajaran, karena itu penting mempelajari Kegiatan Belajar 1 ini yang akan menjelaskan pembelajaran Abad 21.
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Ibu/Bapak diharapkan dapat menjelaskan pembelajaran abad 21, karakteristik guru abad 21, dan karakteristik siswa abad 21.
POKOK-POKOK MATERI
  • Pembelajaran Abad 21
  • Karakteristik guru abad 21
  • Karakteristik siswa abad 21

          Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 1, silakan Ibu/Bapak pelajari beberapa materi berikut ini.
Materi berikut ini menjelaskan tentang pembelajaran abad 21, karakteristik guru abad 21, dan karakteristik siswa abad 21. Bacalah materi dalam format PDF berikut ini.

Video berikut menyajikan informasi tentang penggunaan teknologi di pendidikan. Setelah menyaksikan tayangan berikut, analislah karateristik guru dan siswa pada pembelajaran tersebut. 

Setelah mempelajari materi di atas, bacalah rangkuman berikut ini.
Silakan berdiskusi dalam forum ini terkait topik yang diberikan oleh instruktur. 
 Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Modul 1 Kegiatan Belajar 1 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Modul 1 Kegiatan Belajar 1 ini, dan kerjakan lagi tes ini.

KEGIATAN BELAJAR 2: Peran Teknologi dan Media dalam Pembelajaran Abad 21
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak, kita akan lanjutkan pelajaran kita, kali ini kita akan membahas tentang peran teknologi dan media dalam pembelajaran
Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2, Ibu/Bapak akan dapat memanfaatkan teknologi dan media dalam pembelajaran abad 21.
POKOK MATERI
·         Integrasi teknologi dan media ke dalam pembelajaran abad 21
·         Pemanfaatan teknologi dan media informasi ke dalam pembelajaran abad 21
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 2, mari kita  pelajari beberapa materi berikut ini. Tetap semangat dan selalu bahagia ya Ibu/Bapak.
Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, media pembelajaranpun juga mengalami perubahan. Mari kita baca materi berikut ini.
Perhatikan video pembelajaran berikut ini. Video ini memperlihatkan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.
Klik pada judul video untuk masuk ke pemutar video.
·         Materi 3: Rangkuman
Selamat, Ibu/Bapak telah menyelesaikan modul tentang pemanfaatan teknologi dan media dalam pembelajaran abad ke 21. Hal-hal penting yang telah Ibu/Bapak pelajari dalam modul pemanfaatan teknologi dan media dalam pembelajaran abad ke 21 ini adalah sebagai berikut:
1.    Ada dua bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer diantaranya interactive tools dan interacting with others.
2.    Contoh pemanfaatan teknologi dan media informasi digital dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik atau guru adalah terjalinnya komunitas belajar berbasis web terhadap semua peserta didik di seluruh penjuru dunia diantaranya pembuatan blog, pemanfaatan media wiki, dan podcast.
3.    Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
4.    Ada empat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital yaitu Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif), Personal Response System (PRS), Mobile Assessment Tools, dan Community of Practice (Komunitas Praktik).
5.    Peran guru di era digital sesuai dengan Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk guru diantaranya memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreativitas siswa, merancang dan mengembangkan pengalaman dan penilaian pembelajaran sesuai digital-age, model kerja dan belajar berbasis digital-age, mempromosikan dan model digital citizenship dan tanggung jawab, serta terlibat dalam pertumbuhan profesional dan kepemimpinan guru.
Silakan berdiskusi dalam forum ini terkait topik yang diberikan oleh instruktur. 
Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Modul 1 Kegiatan Belajar 2 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Modul 1 Kegiatan Belajar 2 ini, dan kerjakan lagi tes ini.

KEGIATAN BELAJAR 3: Merancang dan Menilai Pembelajaran Abad ke-21
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak yang berbahagia, melanjutan dari Kegiatan Belajar sebelumnya kali ini akan mempelajari tentang rancangan dan penilaian pembelajaran Abad 21. Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 3, Ibu/Bapak akan memahami rancangan dan penilaian pembelajaran abad ke 21.
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
1.    Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran efektif abad 21
2.    Merancang pembelajaran dan strategi pembelajaran abad ke 21
3.    Menguraikan prinsip-prinsip penilaian efektif abad ke 21
POKOK MATERI
1.     Prinsip-prinsip pembelajaran efektif abad ke 21
2.    Merancang pembelajaran dan strategi pembelajaran abad ke 21
3.    Prinsip-prinsip penilaian efektif abad ke 21
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 3, mari kita pelajari beberapa materi berikut ini.
Silakan pelajari materi berikut ini. Setelah mempelajari materi tersebut, Ibu/Bapak peserta PPG akan memahami tentang desain dan penilaian pembelajaran abad 21

Video berikut menayangkan tentang keterampilan pembelajaran abad 21. Kata-kata kunci dalam video tersebut dapat menjadi acuan Ibu/Bapak dalam menyusun dan melakukan penilaian pembelajaran abad 21

Setelah mempelajari materi diatas, bacalah rangkuman di bawah ini:

Silakan berdiskusi dalam forum ini terkait topik yang diberikan oleh instruktur. 

Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Modul 1 Kegiatan Belajar 3 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Modul 1 Kegiatan Belajar 3 ini, dan kerjakan lagi tes ini.
TUGAS AKHIR M1: Pembelajaran Abad 21
Ibu/Bapak telah mempelajari materi pada semua Kegiatan Belajar pada modul ini. Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terhadap materi yang sudah dipelajari, coba kerjakan tugas berikut ini.
Tugas M1: Tugas Akhir Terstruktur
Assignment

Modul 1


Posting Komentar