Apakah anda sedang mencari Soal Latihan Tryout PPPK ? Link Tryout

Kisi jawaban Modul 2 Pedagogik PPG


MODUL 2: Pengembangan Profesi Guru


Kisi-Kisi MODUL 2 Pedagogik ada di tabel ! 
Jawaban MODUL 2 Pedagogik ada di tabel !





baca juga :
Kisi jawaban Modul 4 Pedagogik PPG
Kisi jawaban Modul 5 Pedagogik PPG
Kisi jawaban Modul 6 Pedagogik PPG

Selamat datang di Modul 2: Pengembangan Profesi Guru.
Salam Pedagogia,
Salam sejahtera bagi pengemban profesi guru. Profesi guru adalah ibu dari segala profesi. Guru adalah professional learning yang menjadi teladan untuk terus mempertahankan profesinya dengan terus belajar. Semoga modul ini bermanfaat. Amin
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini diharapkan Ibu/Bapak memiliki pemahaman kompetensi guru secara utuh, membedakan kompetensi pedogogik, kepribadian, sosial, professional dan indikatornya, serta mampu menjelaskan kompetensi pedagogik guru abad 21. Selain itu Ibu/Bapak dapat mengembangkan strategi pengembangan profesionalisme guru berkelanjutan.
1.    Memahami kompetensi guru
2.    Membedakan kompetensi pedogogik, kepribadian, sosial dan professional dan indikatornya
3.    Menjelaskan kompetensi pedagogik guru abad 21
4.    Memahami profesi guru dalam pandangan yuridis dan akademik
5.    Menjelaskan arti penting pengembangan profesionalisme berkelanjutan
6.    Memahami komponen-komponen penilaian kinerja guru
7.    mengidentifikasi tantangan dan memilih strategi pengembangan profesi berkelanjutan

Kegiatan Belajar 1: Kompetensi Guru
Kegiatan Belajar 2: Strategi Pengembangan Profesionalisme Berkelanjutan
Peta konsep Modul 2: Pengembangan Profesi Guru dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Kegiatan pembelajaran Modul 2: Pengembangan Profesi Guru ini dilakukan secara daring dengan konsep Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dosen dan peserta PPG tidak bertemu secara tatap muka langsung (face to face). 
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap Kegiatan Belajar ada di bagian MATERI, yang terdiri dari:
    1. modul digital
    2. video pembelajaran atau animasi
    3. media presentasi
    4. sumber bacaan lain
Pertama-tama, Ibu/Bapak harus mempelajari semua media pembelajaran secara mandiri. Apabila ada materi yang belum dipahami, silakan bertanya melalui FORUM.
Setiap Kegiatan Belajar diakhiri dengan evaluasi yang berupa TES FORMATIF. Apabila nilai tes mencapai 7, Ibu/Bapak bisa melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Jika nilai tes belum mencapai 7, silakan Ibu/Bapak pelajari lagi MATERI Kegiatan Belajar tersebut dan kerjakan lagi TES FORMATIF tersebut, sampai nilai minimal tercapai.
Setiap Modul diakhiri dengan evaluasi yang berupa TUGAS dan TES SUMATIF.   
TES SUMATIF hanya bisa dikerjakan 1 kali saja. Persiapkan diri dengan baik sebelum Ibu/Bapak mengerjakan TES SUMATIF.
FORUM disediakan di bagian terbawah dari setiap Kegiatan Belajar.  Ibu/Bapak dapat menggunakan forum untuk berdiskusi terkait dengan topik dari instruktur.  Instruktur juga ada mengajukan pertanyaan dalam forum. Silakan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dari instruktur. Keaktifan Ibu/Bapak dalam melakukan diskusi merupakan bagian dari penilaian.
Modules
KEGIATAN BELAJAR 1: Kompetensi Guru
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak peserta PGG semoga senantiasa tetap semangat dan bahagia. Menjadi seorang guru harus memiliki kompetensi yang utuh, bukan hanya kemampuan akademik tapi ada kompetensi-kompetensi lainnya. Berikut akan dipelajari materi tentang kompetensi guru.
Sebelum Ibu/Bapak mempelajari Kegiatan Belajar 1 ini, bacalah terlebih dahulu capaian pembelajaran dan pokok-pokok materi. Pada kegiatan ini disajikan materi dalam bentuk teks pdf, ilustrasi video, dan media presentasi. Selain itu juga dilengkapi dengan rangkuman. Kemudian ibu/bapak diminta untuk mencoba mengerjakan soal tes formatif. 
Selamat Belajar.
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini diharapkan Ibu/Bapak memahami kompetensi guru dan indikator serta kompetensi pedagogik guru abad 21.
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
    1. Memahami kompetensi guru secara utuh
    2. Membedakan kompetensi pedogogik, kepribadian, sosial dan  professional serta indikatornya
    3. Menjelaskan kompetensi pedagogik guru abad 21 dalam kaitan dengan pengembangan profesi seorang guru
POKOK-POKOK MATERI
    1. Kompetensi guru
    2. Kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian
    3. Kompetensi pedagogik guru abad 21
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 1, silakan Ibu/Bapak pelajari beberapa materi berikut ini.
Materi pada Kegiatan Belajar 1 ini membahas tentang kompetensi guru secara utuh berdasar pada undang-undang dan peraturan, selanjutnya diuraikan indikator setiap kompetensi, pada bagian akhir dijelaskan tentang kompetensi pedagogi guru abad 21.
Untuk dapat menguasai Kegiatan Belajar 1 ini bacalah materi berikut!

Video ini menjelaskan tentang kelas masa depan dan kehidupan belajar siswa abad ini, tayangan video ini tentu sangat berdampak pada pengelolaan pembelajaran di masa yang akan datang. Bagaimana pendapat Ibu/Bapak atas tayangan video tesebut dan bagaimana dampak terhadap kompetensi pedagogik guru abad 21?


Setelah membaca materi Modul 2 Kegiatan Belajar 1 di atas, silahkan Ibu/Bapak buka materi presentasi berikut untuk memperkaya pengetahuan Ibu/Bapak tentang kompetensi guru.

Setelah mempelajari materi di atas, bacalah rangkuman berikut agar pemahaman kita lebih mantab.

Silakan berdiskusi dalam forum ini terkait topik yang diberikan oleh instruktur. 


Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Modul 2 Kegiatan Belajar 1 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Modul 2 Kegiatan Belajar 1 ini, dan kerjakan lagi tes ini.

KEGIATAN BELAJAR 2: Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak yang berbahagia, setelah selesai mempelajari Kegiatan Belajar 1, kita lanjutkan Kegiatan Belajar 2. Semoga Ibu/Bapak  tetap semangat dan selalu bahagia!

Sebelum Ibu/Bapak mempelajari Kegiatan Belajar 2, bacalah terlebih dahulu capaian pembelajaran dan pokok-pokok materi. Pada Kegiatan Belajar 2 akan disajikan materi dalam bentuk teks pdf, ilustrasi video, dan ppt. Selain itu juga dilengkapi dengan tugas dan rangkuman. Pada akhir Kegiatan Belajar 2, Ibu/Bapak diminta untuk mencoba mengerjakan soal tes formatif. 
Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2 ini Ibu/Bapak  diharapkan memiliki memilih strategi profesionalisme berkelanjutan.
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
a.    Membedakan profesi guru dari perspektif yuridis dan akademik
b.    Menjelaskan arti penting pengembangan keprofesian berkelanjutan
c.    Menilai syarat profesi
d.    Mengidentifikasi penilaian kinerja guru
e.    Mengidentifikasi tantangan profesi abad 21
f.     Menjelaskan konsep pengembangan keprofesian berkelanjutan
g.    Membedakan paradigma profesi guru abad 21 dengan sebelumnya
h.    Memilih strategi pengembangan profesi diri dalam konteks abad 21.

POKOK MATERI
Pokok-pokok materi kegiatan belajar 2 ini meliputi:
a.    Profesi guru dalam pandangan yuridis
b.    Profesi guru dalam pandangan akademik
c.    Kriteria profesi bidang pendidikan
d.    Penilaian kinerja guru
e.    Pengembangan keprofesian berkelanjutan
f.     Merubah paradigma tentang profesi guru
g.    Profesi guru abad 21
h.    Strategi pengembangan profesi berkelanjutan
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 2, silakan Ibu/Bapak pelajari beberapa materi berikut ini.

Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2 Ibu/Bapak diharapkan mampu membedakan profesi guru dari perspektif yuridis dan akademik, menjelaskan arti penting pengembangan keprofesian berkelanjutan, menilai syarat profesi, mengidentifikasi penilaian kinerja guru, mengidentifikasi tantangan profesi abad 21, menjelaskan konsep pengembangan keprofesian berkelanjutan, membedakan paradigma profesi guru abad 21 dengan sebelumnya, dan memilih strategi pengembangan profesi diri dalam konteks abad 21.


Berikut video mengenai strategi Singapura memasuki abad ke 21.


Media presentasi berikut ini menjelaskan tentang kompetensi guru. Profesi guru sudah diakui secara legal dan memiliki peran strategis sebagai agen transformasi masyarakat. Sebagai suatu profesi harus memenhi syarat-syarat termasuk perubahan paradigma. Presentasi ini memudahkan Ibu/Bapak untuk mengingat materi yang disampaikan secara  lebih sederhana.


Diperlukan reorientasi paradigma dengan memahami konsep belajar seorang profesional dan merevitalisasi pengembangan profesionalisme guru ke arah pengembangan profesionalisme berkelanjutan. Temukan jawabannya dalam makalah di bawah ini.


Setelah mempelajari materi di atas, bacalah rangkuman berikut agar pemahaman kita lebih mantap.


Silakan berdiskusi dalam forum ini terkait topik yang diberikan oleh instruktur. 


Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Modul 2 Kegiatan Belajar 2 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Modul 2 Kegiatan Belajar 2  ini, dan kerjakan lagi tes ini.

TUGAS AKHIR M2: Pengembangan Profesi Guru
Ibu/Bapak telah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 1 dan 2. Untuk mengukur pemahaman Ibu/Bapak, kerjakan tugas berikut ini.
Tugas M2: Pengembangan Profesi Guru
Assignment

TES SUMATIF M2: Pengembangan Profesi Guru
Selamat. Ibu/Bapak sudah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 1 dan 2. Sekarang, silakan ibu/bapak kerjakan tes sumatif berikut ini.
Persiapkan diri untuk mengerjakan tes sumatif ini. Ibu/Bapak hanya diberi kesempatan 1 kali untuk mengerjakan tes sumatif ini (tidak bisa dikerjakan ulang). Waktu untuk mengerjakan tes ini adalah 90 menit.
Selamat mengerjakan. Semoga sukses.
Tes Sumatif M2: Pengembangan Profesi Guru
Quiz

·         DAFTAR PUSTAKA
Boud, David & Walker, David (1998). Promoting reflection in professional courses. The challenge of context. Studies in Higher Education, 23(2), 191-206, DOI: 10.1080/03075079812331380384
Challen, Christine (February, 2017)Teaching a job or a profession? https://www.bera.ac.uk/blog/teaching-a-job-or-a-profession
Connelly, FM. & Clandinin, DJ (1997). Teachers' personal practical knowledge on the professional knowledge landscape. Teaching and Teacher Education, 13(7), 665-674. DOI: 10.1016/S0742-051X(97)00014-0
Mudjiman, Haris (2011). Belajar mandiri. Pembekalan dan penerapan. Cetakan 1. UNS Press dan LPPS UNS: Surakarta.
Peraturan pemerintah no. 19 Tahun 2005. Tentang standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru
Reigeluth (2009). Instructional-Design Theories and Models, Volume IIIBuilding a Common Knowledge Base. Routledge
Sarvage, Laura (2009). Who is the “Professional” in a Professional  Learning Community? An Exploration of Teacher Professionalism in Collaborative Professional Development Settings. Canadian Journal Of Education 32, 1 (2009): 149-171
Smaldino S. et.al 2012. Instructional Technology and Media for learning. USA: Pearson
Stinnet, TM., & Hugget, AJ. (1963) Professional Problems of Teachers (2nd) London; Collier-Macmillan
TIM Penulis. 2018. Sukses mendidik anak di Abad 21. Yogyakarta. Samudra Biru
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Di Daerah
Undang-Undang nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Webster-Wright, Ann (2009). “Reframing Professional Development Through Understanding Authentic  Professional Learning”  Journal of Education, June 2009 pg. 702-739
Modul 2
baca juga :
Kisi jawaban Modul 4 Pedagogik PPG
Kisi jawaban Modul 5 Pedagogik PPG
Kisi jawaban Modul 6 Pedagogik PPG



Posting Komentar